Mur Baut Nut Bolt: Definisi dan Tips Memilihnya yang Tepat

Mur Baut Nut Bolt: Definisi dan Tips Memilihnya yang Tepat

Mur baut nut bold merupakan fasteners atau komponen mekanis yang fungsinya untuk menghubungkan dua bahkan lebih bagian atau komponen pada suatu sistem/perangkat. Untuk lebih memahami istilah komponen mekanis tersebut, simak di sini! 

Apa itu Mur Baut Nut Bolt? 

Perlu diketahui penyebutan mur atau bolt dan baut atau nut, keduanya mempunyai maksud yang berbeda-beda. Ini penjelasannya: 

  1. Mur (Bolt)

Mur atau bolt adalah alat mekanik yang bahan dasarnya dari campuran logam yang bentuknya segi enam dan di tengahan terdapat lubang ulir. Lubang ulir berfungsi untuk penguji maupun pengencang antara baut (nut) dengan objek pada suatu benda. 

Jadi, mur berperan agar baut bisa menjepit suatu objek. Dengan demikian, benda yang terjepit mur dan baut bisa saling mengikat satu sama lain dan tidak akan mudah lepas. Ini beberapa jenis mur, yaitu: 

  • Mur Pengunci atau lock nut. 
  • Mur Berkerah atau flange nut.
  • Mur sangkar atau cage nut.
  • Mur Benteng atau castle nut. 
  1. Baut (Nut) 

Baut atau nut adalah alat yang berguna untuk menyambungkan batang besi yang berulir dan bulat. Di mana salah satu sisinya mempunyai kepala baut, dan bentuk standarnya adalah segi enam dengan ujung yang dipasangi pengunci maupun mur. Mur di sini fungsinya sebagai pengunci baut. 

Baut berguna untuk membuat sambungan pada konstruksi yang sifatnya permanen, sementara, dan sambungan bergerak yang dapat dilepas, dibongkar, maupun diubah sesuai kebutuhan konstruksi. 

Batang baut mempunyai bentuk ulir segitiga yang fungsinya untuk mengikat. Sementara, ulir bentuknya segi empat dan berguna untuk baut penggerak. Contoh, penggunaan alat ini adalah pada dongkrak. Ini beberapa jenis-jenis baut yang umum digunakan: 

  • Flange bolt atau baut flange. 
  • Square bolt atau baut kepala segiempat. 
  • Hexagonal bolt atau baut segi enam. 
  • Carriage bolt atau baut jamur. 

Tips Memilih Mur dan Baut yang Tepat 

Saat Anda membeli mur dan baut di toko mur baut terdekat, Anda harus memerhatikan beberapa hal penting agar bisa membeli mur dan baut yang tepat. Inilah tipsnya: 

  1. Pilih Material yang Tepat 

Mur dan baut mempunyai berat tekanan yang berbeda-beda. Untuk itulah, Anda harus bisa membedakan jenis material mur dan baut. Pilihlah mur dan baut yang sesuai dengan ketahanan dan kebutuhan. 

  1. Memilih Jenis Mur dan Baut yang Bagus 

Pilih mur dan baut yang bagus. Di mana jenisnya sama dengan mur dan baut lama yang ingin Anda ganti. Kesalahan memilih mur dan baut mengakibatkan mur dan baut yang baru tidak bisa digunakan atau dipasang pada komponen tersebut dengan baik. 

  1. Pilih Ukuran Diameter dan Tread Pitch yang Tepat 

Ukuran diameter pada kepala baut dan read pitch mempunyai pengaruh besar terhadap benda yang direkatkan. Kesalahan memilih diameter bisa menjadikan baut tidak dapat digunakan. 

  1. Memilih Panjang Mur dan Baut yang Tepat 

Pilihlah mur dan baut dengan panjang yang tepat. Panjang yang tidak tepat dengan komponen membuat mur dan baut tidak bisa terpasang dengan tepat. 

Demikianlah penjelasan tentang mur baut nut bolt yang banyak digunakan sebagai komponen mekanis yang sangat berguna untuk berbagai proses perangkaian barang maupun bangunan. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *